Saat traveling atau jalan-jalan wisata adalah saat yang menyenangkan untuk menambah pundi-pundi foto di katalog kita sambil mengasah kemampuan memotret. Suasana baru, tempat baru , orang-orang baru dengan rutinitas yang berbeda dari yang kita lihat sehari-hari, landmark suatu tempat, semua adalah obyek foto yang menarik.

Berikut ini 6 tips agar foto jalan-jalan anda lebih unik dan berkesan:

1. Beranikan diri berbicara dengan orang asing

women-travel-tips

Beranikan diri meminta foto potret warga setempat, kalau bisa pilihlah mereka yang memiliki karakter menarik membuat foto kita langsung unik. Tidak gampang memang kalau kita tipe orang yang pemalu, butuh keberanian untuk mengubah untuk meminta ijin memotret, tapi kalau memang bisa hasilnya pasti setimpal. Untuk foto potret saat traveling, mintalah ijin dengan sopan, bapak-bapak yang sedang bekerja disawah atau ibu-ibu penjual makanan di pasar biasanya akan dengan senang hati dipotret, siapa sih yang tidak senang diistimawakan.

2. Untuk foto potret travel, gunakan lensa lebar

Travel-Photography

Saat traveling dan ingin foto potret seseorang, gunakan lensa cenderung lebar. Foto potret dengan lensa lebar memberi kesan akrab dan sekaligus menunjukkan lingkungan dimana foto tersebut diambil. Saat naik perahu dayung, fotolah si tukang dayung sekaligus tunjukkan keindahan danau/laut dimana anda berada.

3. Bawa peralatan yang simpel dan ringkas

travel-tips

Saat bepergian adalah saat yang tepat anda melupakan lensa-lensa berat dan besar, lebih enak kita menggunakan lensa yang ringkas, kecil. Kalau anda punya kamera mirrorless atau pocket, ini saat yang tepat menjajal kemampuannya. Kalau punya lensa sapujagat superzoom, ini saat yang tepat membawanya. Selain tidak ribet dan anti pegel, menggunakan peralatan yang kecil dan simpel membuat kita tampak memang seperti turis dan bukan fotografer, membuat orang yang difoto juga lebih friendly.

4. Cari informasi mengenai tempat tujuan travel anda sebelum berangkat

travel-guide-books1

Misalkan pergi ke candi borobudur, cari tahu jam buka dan tutup lokasi candi, siapa tahu bisa memotret sunrise disana. Cari juga contoh-contoh foto para pelancong lain yang sudah pernah memotret Candi Borobudur. Selain itu anda juga bisa melihat-lihat foto postcard tempat tujuan travel kalau ada sebagai rujukan foto standar.

5. Rencanakan dengan baik dan matang

baby_travel

Selain merencanakan perjalanan itu sendiri, pikirkan mengenai kebutuhan fotografi anda. Pastikan membawa memory card yang cukup, atau paling tidak bawalah laptop jadi saat malam anda bisa mengosongkan isi memory card yang sudah penuh.

6. Tantang diri anda sendiri

Healthy-traveling-tips

Terkadang kita sudah pernah mengunjungi sebuah tempat dan kemudian balik lagi kesitu, usahakan memotret dari spot yang berbeda, angle yang berbeda atau waktu yang berbeda. Cobalah angle yang tidak biasa supaya foto-foto anda terlihat lebih unik.



This post has been seen 548 times.